HUBUNGAN ANTARA MINAT PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DAN HASIL BELAJAR TEORI DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGELASAN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

BAMBANG, BAMBANG (2015) HUBUNGAN ANTARA MINAT PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DAN HASIL BELAJAR TEORI DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGELASAN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bambang 08503244037.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA MINAT PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DAN HASIL BELAJAR TEORI DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGELASAN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PENGASIH Oleh: BAMBANG NIM. 08503244037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara minat pada program keahlian teknik pengelasan dengan hasil belajar praktik siswa Kelas X Jurusan Teknik Pengelasan di SMK N 2 Pengasih; (2) Hubungan hasil belajar teori pengelasan dengan hasil belajar praktik pengelasan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pengelasan SMK N 2 Pengasih; (3) Hubungan antara minat pada program keahlian teknik pengelasan dan hasil belajar teori dengan hasil belajar praktik pengelasan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pengelasan SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah Minat pada program keahlian teknik pengelasan ( ) dan Hasil belajar teori pengelasan ( ) sebagai variabel bebas serta hasil belajar praktik pengelasan siswa (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Pengelasan SMK N 2 Pengasih sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Product Moment untuk analisis pertama dan kedua serta analisis korelasi ganda untuk analisis ketiga. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan antara minat pada program keahlian teknik pengelasan dengan hasil belajar praktik pengelasan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pengelasan di SMK N 2 Pengasih dengan korelasi sebesar 0,028; (2) tidak berhasil menunjukkan adanya hubungan antara hasil belajar teori pengelasan dengan hasil belajar praktik pengelasan siswa Kelas X Jurusan Teknik Pengelasan di SMK N 2 Pengasih dengan korelasi yang negatif sebesar -0,122; dan (3) terdapat hubungan antara Minat Pada Program Keahlian Teknik Pengelasan dan Hasil Belajar Teori Pengelasan dengan Hasil Belajar Praktik Pengelasan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pengelasan di SMK N 2 Pengasih dengan korelasi sebesar 0,021. Kata Kunci: Minat Pada Program Keahlian Teknik Pengelasan, Hasil Belajar Teori Pengelasan, Hasil Belajar Praktik Pengelasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Jul 2015 04:11
Last Modified: 30 Jan 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item View Item