FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR GURU PRODUKTIF DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI KOTA YOGYAKART

Bagas, Murwidiastomo (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR GURU PRODUKTIF DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI KOTA YOGYAKART. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bagas Murwidiastomo 10505244024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR GURU PRODUKTIF DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI KOTA YOGYAKARTA Oleh: Bagas Murwidiastomo NIM 10505244024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan seberapa besar kontribusi penguasaan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) terhadap kesiapan mengajar guru; (2) menemukan seberapa besar kontribusi penguasaan Standar Isi terhadap kesiapan mengajar guru; (3) menemukan seberapa besar kontribusi penguasaan Standar Penilaian terhadap kesiapan mengajar guru; (4) menemukan seberapa besar kontribusi penguasaan kompetensi guru terhadap kesiapan mengajar guru; (5) menemukan seberapa besar kontribusi penguasaan SKL, penguasaan Standar Isi, penguasaan Standar Penilaian, dan penguasaan kompetensi guru terhadap kesiapan mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tingkat eksplanasi asosiatif. Variabel bebas penelitian ini adalah penguasaan SKL, penguasaan Standar Isi, penguasaan Standar Penilaian, dan penguasaan kompetensi guru. Variabel terikat penelitian ini adalah kesiapan mengajar guru. Sampel penelitian ini adalah 90 orang guru produktif kelas X di SMKN 2 Yogyakarta dan SMKN 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kontribusi penguasaan SKL terhadap kesiapan mengajar guru sebesar 11,10%; (2) kontribusi penguasaan Standar Isi terhadap kesiapan mengajar guru sebesar 24,70%; (3) kontribusi penguasaan Standar Penilaian terhadap kesiapan mengajar guru sebesar 8,60%; (4) kontribusi penguasaan kompetensi guru terhadap kesiapan mengajar guru sebesar 29,30%; (5) kontribusi penguasaan SKL, penguasaan Standar Isi, penguasaan Standar Penilaian dan penguasaan kompetensi guru terhadap kesiapan mengajar guru sebesar 73,70%. Sedangkan 26,30% diberikan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Kurikulum 2013, SKL, Standar Isi, Standar Penilaian, kompetensi guru, kesiapan mengajar guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Jul 2015 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23610

Actions (login required)

View Item View Item