Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI (Team Assisted Individualization) dan TPS (Think Pair Share) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran pada Siswa SMP Kelas VIII

Ladimiyanto, Agus (2015) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI (Team Assisted Individualization) dan TPS (Think Pair Share) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran pada Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus-ladimiyanto-12709259015.swf

Download (58MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan model TAI (team assisted individualization) dan TPS (think pair share) terhadap pencapaian kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kawunganten Kabupaten Cilacap Propinsi Jawa Tengah yang terdiri dari enam kelas. Dua kelas ditentukan secara acak sebagai sampel dari enam kelas yang ada dan diperoleh kelas VIIID dan VIIIE yang masing-masing memiliki 36 siswa. Kemudian dari penentuan secara acak diperoleh kelas VIIID diberi pembelajaran Problem Based Learning dengan model Team Assisted Individualization dan kelas VIIIE diberi pembelajaran Problem Based Learning dengan model Think Pair Share. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari soal pretest dan posttest serta angket motivasi belajar matematika siswa dengan koefisien reliabilitas tes r = 0,825 dan koefisien angket motivasi r = 0,852. Standard Error of Measurement (SEM) pada masing-masing instrumen kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari soal pretest dan posttest serta angket motivasi belajar matematika siswa adalah 4,102 dan 2,164. Pemberian bukti validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk, sedangkan mengestimasi reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Untuk melihat perbedaan pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dengan model Team Assisted Individualization dan Problem Based Learning dengan model Think Pair Share ditinjau dari pencapaian kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa, data dianalisis secara multivariate menggunakan T2 Hotelling dengan taraf signifikansi 5 % dan jika terdapat perbedaan maka dilanjutkan dengan uji t univariat untuk membandingkan mana yang lebih berpengaruh ditinjau dari pencapaian kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik penerapan pembelajaran Problem Based Learning dengan model Team Assisted Individualization dan Problem Based Learning dengan model Think Pair Share ditinjau dari pencapaian kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning dengan model Team Assisted Individualization memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan pembelajaran Problem Based Learning dengan model Think Pair Share ditinjau dari pencapaian kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, team assisted individualization, think pair share, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23609

Actions (login required)

View Item View Item