PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KKPI PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET ANTARA MENGGUNAKAN MODUL DENGAN METODE KONVENSIONAL DI SMK MA’ARIF 3 WATES

Bachtiar, Fajjri (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KKPI PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET ANTARA MENGGUNAKAN MODUL DENGAN METODE KONVENSIONAL DI SMK MA’ARIF 3 WATES. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bachtiar Fajjri 09520244062.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KKPI PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET ANTARA MENGGUNAKAN MODUL DENGAN METODE KONVENSIONAL DI SMK MA’ARIF 3 WATES Oleh : Bachtiar Fajjri 09520244062 Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa kelas X yang belajar media pembelajaran menggunakan modul dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran secara konvensional pada pembelajaran mengoperasikan software Spreadsheet di SMK Ma‟arif 3 Wates. Penelitian ini mengambil tempat di SMK Ma‟arif 3 Wates Program Keahlian Teknik Sepeda Motor. Penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan Posttest Control Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 165 siswa. Sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 70 siswa. Pada perlakuan kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan media pembelajaran menggunakan modul sedangkan untuk kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran konvensional materi yang digunakan adalah mengoperasikan software Spreadsheet. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan modul pada materi mengoperasikan software Spreadsheet memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar dari pada pembelajaran secara konvensional, yaitu nilai ratarata kelas eksperimen 73,61 > nilai rata-rata kelas kontrol 60,19 yang menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Terdapat perbedaan = 3,467 lebih besar dari 1,671. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran modul lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Kata Kunci : Modul, Konvensional, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Jul 2015 03:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23608

Actions (login required)

View Item View Item