Peran Kultur Sekolah Dalam Pengembangan Soft Skill Siswa di SMA PIRI 1 Yogyakarta

Novita, Pipit Elva (2015) Peran Kultur Sekolah Dalam Pengembangan Soft Skill Siswa di SMA PIRI 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pipit-elva-novita-13705251022.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realita kultur sekolah, 2) bentuk kultur sekolah, 3) peran kultur sekolah dalam pengembangan soft skill siswa, 4) realita soft skill siswa, dan 5) pendukung soft skill di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf administrasi dan siswa di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan, menginterpretasikan dan memverifikasi data yang diperoleh dari lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) realita kultur sekolah di SMA PIRI 1 Yogyakarta dilihat dari artifak-artifak yang ada yaitu slogan-slogan, peraturan-peraturan, cerita-cerita, upacara-upacara, simbol, logo, dan gambar-gambar. 2) Bentuk kultur sekolah yang ada di SMA PIRI 1 Yogyakarta dapat dilihat dari pelaksanaan nilai-nilai Islami yaitu kegiatan darus Al-quran, doa bersama disetiap pagi, shalat dzuhur berjama’ah dan kajian Islam untuk siswa putri pada waktu shalat jumat berlangsung. Kerjasama saling menghargai, saling mendukung antar warga sekolah, serta penegakan disiplin dan tanggungjawab pada seluruh warga sekolah. 3) Kepala sekolah SMA PIRI 1 Yogyakarta menerapkan prinsip demokrasi dalam pembagian tugas dan tanggungjawab terhadap segenap warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan pengembangan soft skill siswa. 4) Realita soft skill siswa di SMA PIRI 1 Yogyakarta dapat dilihat pada kemampuan interpersonal siswa dalam berhubungan, berkerjasama dengan orang lain, kemampuan personal dapat dilihat pada mengendalikan emosi, menerima nasehat dari orang lain, dan selalu berpikir positif. 5) Faktor pendukung pengembangan soft skill siswa bersumber dari peraturan sekolah dan partisipasi segenap warga sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kultur Sekolah, Pengembangan, dan Soft Skill
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 15 Mar 2016 00:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23596

Actions (login required)

View Item View Item