Identifikasi Status Gizi dan Kebugaran Jasmani para Narapidana dan Tahanan di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bantul D. I. Yogyakarta

Susanpur, San'san (2015) Identifikasi Status Gizi dan Kebugaran Jasmani para Narapidana dan Tahanan di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bantul D. I. Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-san'san-susanpur- 12711251053.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi status gizi dan kebugaran jasmani para narapidana dan tahanan di rumah tahanan negara kelas II B Bantul Yogyakarta. Rumah tahanan negara kelas II B Bantul beralamatkan di jalan Guwosari, Pajangan, Bantul D.I.Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan tes dan pengukuran untuk pengambilan data. Instrument yang digunakan adalah kasch pulse recavery test, sedangkan status gizi dengan menggunakan tes BMI (Body Mass Indeks). Penelitian ini merupakan penelitian populasi, populasi yang digunakan adalah seluruh narapidana dan tahanan di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bantul D. I. Yogyakarta tahun 2014 sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif persentase yaitu menggambarkan kejadian yang sedang berlansung. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu Oktober, November dan Desember 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Status gizi rata-rata para warga binaan tahanan menurut BMI saat test dengan hasil pengukuran menunjukkan normal dengan angka hasil test rata-rata 22,7 kg/m². (2) Status kebugaran rata-rata para warga binaan tahanan dengan hasil test menunjukkan tidak bugar, angka hasil test rata-rata denyut nadi 108 kali/ menit dengan rata-rata usia 29,3 th. (3) Status gizi rata-rata para warga binaan narapidana menurut BMI saat test dengan hasil pengukuran menunjukkan normal dengan angka hasil test rata-rata 22,2 kg/m². (4) Status kebugaran rata-rata para warga binaan narapidana dengan hasil test menunjukkan kurang bugar, angka hasil test rata-rata denyut nadi 107 kali/ menit dengan rata-rata usia 30 th.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebugaran, jasmani, status gizi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23593

Actions (login required)

View Item View Item