PEMBELAJARAN KREATIF YANG MENYENANGKAN MENURUT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Azis, Eko Yulianto (2015) PEMBELAJARAN KREATIF YANG MENYENANGKAN MENURUT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aziz Eko Yulianto 08505244002.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

PEMBELAJARAN KREATIF YANG MENYENANGKAN MENURUT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Oleh: Azis Eko Yulianto 08505244002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan tentang pembelajaran kreatif yang menyenangkan di SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta, SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMK Negeri 2 Depok, SMK Negeri 2 Pengasih dan SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei. Penelitian dilakukan di 4 SMK Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 292 siswa yang diambil dari populasi siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMK Negeri 2 Depok, SMK Negeri 2 Pengasih dan SMK Negeri 2 Wonosari yang berjumlah 1204 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, proportional sampling dan random sampling. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan Tabel Krecjie yang mempunyai taraf kepercayaan 95 %. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket. Uji validasi dengan mengkonsultasikan dengan ahli yaitu dosen dan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki persepsi tentang pembelajaran kreatif yang menyenangkan berkategori menyenangkan terbukti dengan persentase 72,53 %. (2) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta memiliki persepsi tentang pembelajaran kreatif yang menyenangkan berkategori menyenangkan terbukti dengan persentase 70,34 %. (3) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Depok memiliki persepsi tentang pembelajaran kreatif yang menyenangkan berkategori menyenangkan terbukti dengan persentase 75,27 %. (4) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Pengasih memiliki persepsi tentang pembelajaran kreatif yang menyenangkan berkategori menyenangkan terbukti dengan persentase 70,41 %. (5) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari memiliki persepsi tentang pembelajaran kreatif yang menyenangkan berkategori menyenangkan terbukti dengan persentase 77,67 %. Kata kunci: pembelajaran kreatif yang menyenangkan, teknik bangunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Jul 2015 03:00
Last Modified: 30 Jan 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23589

Actions (login required)

View Item View Item