IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI KE DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X PADA KOMPENTENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 DEPOK SLEMAN

Nunung Chusnul, Chotimah and PURWANTO, - (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI KE DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X PADA KOMPENTENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL NUNUNG BARUUUU YUHU.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran produktif kelas X pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertempat di SMK Negeri 1 Depok yang beralamat di Jalan Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, dan guru mata pelajaran produktif kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini: Perencanaan dari kurikulum, silabus dan RPP yang telah mengandung pendidikan karakter. Semua guru telah mengimplementasikan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan penutup serta nilai pendidikan karakter yang disampaikan telah sesuai dengan RPP. Penilaian pendidikan karakter telah dilaksanakan oleh semua guru dengan nilai akhir berupa angka yang kemudian dikonversikan ke dalam huruf A, B, C, dan D selanjutnya digabungkan dengan penilaian afektif dan kognitif sehingga menghasilkan nilai raport dari mata pelajaran produktif tersebut. Implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran produktif kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran telah berjalan walaupun hasilnya belum maksimal dikarenakan terdapat beberapa kendala yang belum dapat terselesaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23587

Actions (login required)

View Item View Item