Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SDN I Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri

Yulianto, Rahmat (2015) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SDN I Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAT YULIANTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Problem Based Learning siswa kelas IV SDN I Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian sebanyak 23 siswa, 12 laki-laki, dan 11perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan soal. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi berpikir kritis siswa & lembar observasi guru dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model Problem Based Learning di kelas IV SDN I Kepuhsari, pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa berada pada skor 322 dengan kategori cukup. Hasil pelaksanaan siklus II berdasakan observasi kemampuan berpikir kritis siswa berada pada skor 407 dengan kategori berpikir kritis. Dengan demikian model Problem based learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas IV SDN I Kepuhsari. Kata kunci: berpikir kritis, Ilmu Pengetahuan Sosial, problem based learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 07 Sep 2015 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23582

Actions (login required)

View Item View Item