PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI TEGALREJO 3 YOGYAKARTA

Noviasari, Resa (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI TEGALREJO 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
RESANOVIASARI_11108244071.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Tegalrejo 3 Yogyakarta pada pembelajaran IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research), dengan subyek penelitian siswa kelas IV B SD Negeri Tegalrejo 3 Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpul data test hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan rata-rata. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS aspek kognitif, afektif, dan psikomotor meningkat dengan menggunakan model PBL. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus I mengalami peningkatan dari test kemampuan awal dengan nilai rata-rata 61,31 menjadi 71,97. Hasil belajar aspek afektif dengan memperoleh skor rata-rata 21,07 atau dengan kategori cukup dan hasil belajar aspek psikomotor memperoleh skor rata-rata 24,57 atau dengan kategori cukup. Jadi terdapat peningkatan hasil belajar dari test kemampuan awal ke siklus I yaitu sebesar 10,66. Pada siklus II hasil belajar mengalami peningkatan lagi yaitu pada aspek kognitif dengan nilai rata-rata 78,04; aspek afektif dengan skor rata-rata 28,43 atau dengan kategori baik; dan hasil belajar aspek psikomotor dengan skor rata-rata 32,62 atau dengan kategori baik. Peningkatan tersebut diperoleh dari tindakan menerapkan model PBL dalam pembelajaran IPS melalui lima tahapan, yaitu siswa menemukan masalah sosial melalui media massa (surat kabar, internet, atau televisi); siswa membentuk kelompok belajar; melalui diskusi kelompok siswa melakukan penyidikan dengan mencari sebab, dampak, dan penanggulangan dari masalah sosial yang telah ditemukan; siswa membuat laporan dengan menjawab pertanyaan pada Lembar Hasil Penyidikan (LHP); siswa mempresentasikan hasil diskusi; dan siswa membuat kesimpulan. Kata kunci: hasil belajar IPS, model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23566

Actions (login required)

View Item View Item