UPAYA LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HAK KONSUMEN DI YOGYAKARTA

Panji, Purnomo (2014) UPAYA LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HAK KONSUMEN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana upaya Lembaga Konsumen Yogyakarta dalam meningkatkan kesadaran hak konsumen di Yogyakarta. Disamping itu juga untuk mendeskripsikan dan mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi Lembaga Konsumen Yogyakarta dalam meningkatkan kesadaran hak konsumen di Yogyakarta, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, dengan subjek penelitian yaitu: Koordinator Program Pendidikan, Koordinator Bidang Pelayanan dan Ketua Kelompok Konsumen Sadar (KKS). Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik cross check. Analisis data yang digunakan adalah analisis induktif, dengan melalui empat tahap yaitu reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Lembaga Konsumen Yogyakarta dalam meningkatkan kesadaran konsumen di Yogyakarta meliputi : (1) penyuluhan konsumen, yaitu penyuluhan yang bertatap muka langsung (workshop, seminar dan diskusi publik) dan penyuluhan melalui siaran radio, (2) kampanye publik, (3) pembentukan Kelompok Konsumen Sadar (KKS), (4) press release, (5) pembentukan divisi Consumer Learning Center (CLC). Dalam meningkatkan kesadaran konsumen di Yogyakarta, LKY menemui hambatan yang bersifat internal dan eksternal. Hambatan internal meliputi keuangan/financial yang kurang memadai dan waktu anggota yang terbatas. Hambatan eksternal meliputi konsumen yang tidak mau memahami Undang-Undang Perlindungan Konsumen, konsumen tidak mandiri dan selalu menaruh harapan sepenuhnya kepada LKY, dan kurangnya dukungan dari pihak pemerintah untuk membuat regulasi dan kebijakan yang ber-perspektif konsumen. Kata kunci: Lembaga Konsumen Yogyakarta, kesadaran, hak konsumen

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23547

Actions (login required)

View Item View Item