Panji, Purnomo (2014) UPAYA LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HAK KONSUMEN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Halaman depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana upaya Lembaga Konsumen Yogyakarta dalam meningkatkan kesadaran hak konsumen di Yogyakarta. Disamping itu juga untuk mendeskripsikan dan mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi Lembaga Konsumen Yogyakarta dalam meningkatkan kesadaran hak konsumen di Yogyakarta, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, dengan subjek penelitian yaitu: Koordinator Program Pendidikan, Koordinator Bidang Pelayanan dan Ketua Kelompok Konsumen Sadar (KKS). Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik cross check. Analisis data yang digunakan adalah analisis induktif, dengan melalui empat tahap yaitu reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Lembaga Konsumen Yogyakarta dalam meningkatkan kesadaran konsumen di Yogyakarta meliputi : (1) penyuluhan konsumen, yaitu penyuluhan yang bertatap muka langsung (workshop, seminar dan diskusi publik) dan penyuluhan melalui siaran radio, (2) kampanye publik, (3) pembentukan Kelompok Konsumen Sadar (KKS), (4) press release, (5) pembentukan divisi Consumer Learning Center (CLC). Dalam meningkatkan kesadaran konsumen di Yogyakarta, LKY menemui hambatan yang bersifat internal dan eksternal. Hambatan internal meliputi keuangan/financial yang kurang memadai dan waktu anggota yang terbatas. Hambatan eksternal meliputi konsumen yang tidak mau memahami Undang-Undang Perlindungan Konsumen, konsumen tidak mandiri dan selalu menaruh harapan sepenuhnya kepada LKY, dan kurangnya dukungan dari pihak pemerintah untuk membuat regulasi dan kebijakan yang ber-perspektif konsumen. Kata kunci: Lembaga Konsumen Yogyakarta, kesadaran, hak konsumen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 22 Jul 2015 01:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23547 |
Actions (login required)
View Item |