PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO

Yoga, Kurniawan (2015) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yoga Kurniawan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengelolaan perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo, meliputi: (a) Perencanaan, (b) Pengorganisasian, (c) Penggerakan/Pelaksanaan, (d) Pengawasan; (2) Hambatan; (3) Upaya – upaya mengatasi hambatan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, urusan sarana, koordinator perpustakaan, petugas perpustakaan, dan guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan perpustakaan SMP Negeri 1 Sentolo sudah terlaksana dengan cukup baik dengan melaksanakan fungsifungsi dari manajemen, akan tetapi terdapat kekurangan dari masing-masing fungsi tersebut, fungsi-fungsi tersebut terdiri dari: (a) Perencanaan dan pengadaan sarana dan koleksi buku belum berjalan baik, karena pengelola perpustakaan SMP Negeri 1 Sentolo tidak ikut terlibat dalam kegiatan perencanaan; (b) Pengorganisasian untuk tugas-tugas berdasarkan struktur organisasi perpustakaan belum terlaksana dengan baik, hal ini dikarenakan peran dan fungsi dari masingmasing jabatan yang ada di struktur organisasi perpustakaan tidak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, dan hanya bersifat insidental ; (c) Pengawasan perpustakaan sudah dilakukan kurang optimal oleh kepala sekolah karena kepala sekolah tidak melakukan pengawasan langsung kepada perpustakaan; (d) Penggerakan/pengarahan yang diberikan kepala sekolah belum optimal, hal ini dikarenakan perhatian kepala sekolah masih kurang bagi perpustakaan; (2) Hambatan yang terjadi kurangnya sumber daya manusia yang ada di perpustakaan, hal itu mengakibatkan menumpuknya tugas yang diberikan kepada petugas perpuatakaan; (3) Upaya yang dilakukan kurang begitu maksimal, hal ini dikarenakan kepala sekolah sebagai pimpinan yang ada disekolah tidak mengikutsertakan pengelola perpustakaan dalam perencanaan dan kepala sekolah tidak terlibat langsung untuk mengatasi permasalahan yang ada diperpustakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jul 2015 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23543

Actions (login required)

View Item View Item