PERANAN PENGELOLAAN DALAM KEBERLANGSUNGAN POSYANDU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (POS PAUD) DI KECAMATAN KALASAN YOGYAKARTA

Venilia, Suciartika (2015) PERANAN PENGELOLAAN DALAM KEBERLANGSUNGAN POSYANDU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (POS PAUD) DI KECAMATAN KALASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
VENILIA SUCIARTIKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pengelolaan dalam keberlangsungan Posyandu Pendidikan Anak Usia Dini (Pos PAUD) di Kecamatan Kalasan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola Pos PAUD, dan beberapa anggota masyarakat yaitu kepala dukuh, PKK, dan ketua RT/RW. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data di analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dari 21 Pos PAUD di Kecamatan Kalasan, 13 (61,9%) sudah tidak berfungsi lagi. Faktor penyebab tidak berfungsi karena keterbatasan sumber daya manusia sebanyak 15,4%, dana 38,5%, dan sarana prasarana 46,1%, sehingga kegiatanya hanya posyandu. Sedangkan yang masih berfungsi berjumlah delapan (38,1%). Hal tersebut didukung oleh kegiatan kaderisasi 57,1%, dana yang mendukung dari pemerintah 30,8%, dan sarana prasarana dari pemerintah 72,7%. Jadi berfungsi dan tidak berfungsinya Pos PAUD membutuhkan keterlibatan sumber daya dan membutuhkan pengelolaan yang terus menerus agar tetap berfungsi dengan semestinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jul 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23540

Actions (login required)

View Item View Item