PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN

Ayu, Sandra Dewi (2015) PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ayu Sandra Dewi 09502241007.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN Oleh : Ayu Sandra Dewi NIM. 09502241007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan. (2) Pengaruh Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan. (3) Pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi dan Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video berjumlah 62 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa dan pengaruh Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa digunakan teknik analisis regresi sederhana sedangkan untuk mengetahui pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi dan Metode Mengajar Guru Sertifikasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa digunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif antara keprofesionalan guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi kejuruan yang dibuktikan dengan harga thitung>ttabel yaitu 2,399>1,671, rx1y (0,296) lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh yang positif antara metode mengajar guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi kejuruan yang dibuktikan dengan harga thitung>ttabel yaitu 2,797>1,671, rx2y (0,340) lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh yang positif antara keprofesionalan dan metode mengajar guru sertifikasi secara bersamasama dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi kejuruan yang dibuktikan dengan harga Fhitung>Ftabel yaitu 6,306>3,17, Ry(1,2) (0,420) lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,176. Sumbangan efektif Keprofesionalan Guru Sertifikasi sebesar 7,38% dan Metode Mengajar Guru Sertifikasi sebesar 10,22%. Kata Kunci: keprofesionalan, metode mengajar guru sertifikasi, prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23537

Actions (login required)

View Item View Item