PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Awan, Nugroho (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Awan Nugroho 10501241009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Awan Nugroho NIM. 10501241009 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendapatkan model multimedia pembelajaran interaktif yang tepat pada mata pelajaran penggunaan alat ukur listrik, (2) mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran penggunaan alat ukur listrik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development & implementation, and evaluation). Subyek penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi, serta siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran terdiri dari: (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan dan implementasi, (4) tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) produk berupa multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran penggunaan alat ukur listrik meliputi unsur materi pokok bahasan penggunaan alat ukur listrik, latihan soal evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa, objek multimedia yang mendukung penyajian materi, tata letak (layout) konsisten, tampilan visual yang menarik, komposisi warna yang tepat, dan kemudahan pengoperasian program. (2) Hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh jumlah skor sebesar 46,00 termasuk ke dalam kategori layak. Penilaian ahli media memperoleh jumlah skor sebesar 61,50 termasuk ke dalam kategori layak. Penilaian oleh siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh prosentase sebesar 60% termasuk dalam kategori layak. Penilaian oleh siswa pada uji coba kelompok besar (uji coba lapangan) memperoleh prosentase sebesar 52% termasuk dalam kategori sangat layak. Kata kunci : Multimedia pembelajaran interaktif, penggunaan alat ukur listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 07:56
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23534

Actions (login required)

View Item View Item