HUBUNGAN PRESTASI AKADEMIK MATAPELAJARAN MATEMATIKA DAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS TERHADAP PENGUASAAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) SISWA DI SMA N 1 CANGKRINGAN

Atika, Restu Nugrahawati (2015) HUBUNGAN PRESTASI AKADEMIK MATAPELAJARAN MATEMATIKA DAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS TERHADAP PENGUASAAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) SISWA DI SMA N 1 CANGKRINGAN. S1 thesis, 2015.

[img]
Preview
Text
Atika Restu 07520244035.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN PRESTASI AKADEMIK MATAPELAJARAN MATEMATIKA DAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS TERHADAP PENGUASAAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) SISWA DI SMA N 1 CANGKRINGAN Oleh : Atika Restu Nugrahawati 07520244035 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan prestasi akademik mata pelajaran Matematika terhadap penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMA N 1 Cangkringan, (2) Hubungan prestasi akademik mata pelajaran Bahasa Inggris terhadap penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMA N 1 Cangkringan, (3) Hubungan prestasi akademik mata Pelajaran Matematika dan prestasi akademik Bahasa Inggris terhadap penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMA N 1 Cangkringan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Cangkringan. Jumlah populasi sebesar 101 siswa dan sampel yang digunakan adalah 50 siswa dengan teknik Proporsional Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data variabel penguasaan TIK siswa, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data nilai rapor siswa. Uji validitas dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Analisis Korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan Analisis Koefisien Korelasi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Ada hubungan yang signifikan antara prestasi akademik mata pelajaran Matematika terhadap penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMA N 1 Cangkringan dengan prosentase sebesar 11,8% dengan taraf signifikansi 5%, (2) Ada hubungan yang signifikan antara prestasi akademik mata pelajaran bahasa inggris terhadap penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMA N 1 Cangkringan dengan prosentase sebesar 12% dengan taraf signifikansi 5% (3) Ada hubungan yang signifikan antara prestasi akademik mata Pelajaran Matematika dan prestasi akademik Bahasa Inggris terhadap penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMA N 1 Cangkringan dengan prosentase sebesar 23,8% dengan taraf signifikansi 5%. Kata kunci : Matematika, Bahasa Inggris, Penguasaan TIK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 07:31
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23525

Actions (login required)

View Item View Item