ANALISIS BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK SISTEM PEMINDAH TENAGA DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

ASUNG, BINTORO (2015) ANALISIS BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK SISTEM PEMINDAH TENAGA DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Asung Bintoro 08504244003.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

ANALISIS BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK SISTEM PEMINDAH TENAGA DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh ASUNG BINTORO NIM 08504244003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesesuaian antara Silabus yang digunakan di SMK Negeri 1 Seyegan dengan KTSP; (2) mengetahui kesesuaian antara Silabus dengan RPP yang digunakan di SMK Negeri 1 Seyegan; (3) dan mengetahui kesesuaian antara bahan ajar praktik Sistem Pemindah Tenaga (SPT) dengan RPP yang digunakan di SMK Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis). Subyek penelitian ini adalah semua sumber belajar praktik SPT program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamat di Jln Kebon Agung Km. 7, Jamblangan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan metode dokumentasi yang menggunakan daftar cocok atau check list. Pengujian validasi instrumen menggunakan pendapat dari ahli (judgment experst). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesesuaian antara Silabus dengan KTSP mengenai mata pelajaran SPT di SMK Negeri 1 Seyegan memiliki tingkat relevansi sebesar 62,5% yang dikatakan dalam kategori relevan tinggi; (2) Tingkat kesesuaian antara RPP dengan Silabus mengenai mata pelajaran SPT di SMK Negeri 1 Seyegan memiliki tingkat relevansi sebesar 83,3% yang dikatakan dalam kategori relevan sangat tinggi; (3) Bahan ajar praktik SPT memiliki 5 kompetensi yang dibandingkan kesesuaiannya dengan RPP. Bahan ajar kopling mempunyai tingkat relevansi sebesar 60% yang termasuk dalam kategori relevan tinggi, bahan ajar transmisi manual mempunyai tingkat relevansi sebesar 90,384% yang tergolong dalam kategori relevan sangat tinggi, bahan ajar unit final drive mempunyai tingkat relevansi 68,75% yang termasuk dalam kategori relevan tinggi, bahan ajar unit penggerak roda depan dan belakang memiliki tingkat relevansi sebesar 55% yang termasuk dalam kategori cukup relevan dan bahan ajar unit four wheel drive memiliki tingkat relevansi sebesar 57,95% yang termasuk dalam kategori cukup relevan. Kata Kunci : Bahan ajar, praktik Sistem Pemindah Tenaga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23524

Actions (login required)

View Item View Item