Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Model Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar PKn di SMA Negeri 2 Ruteng, Kabupaten Manggarai

Baci, Remigius (2015) Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Model Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar PKn di SMA Negeri 2 Ruteng, Kabupaten Manggarai. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-remigius-baci-13705251023.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji efektifitas pendekatan saintifik dengan model PBL, dan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan desain posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Ruteng, dengan sampel adalah siswa kelas X b dan X c yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan dua perlakuan metode pembelajaran. Validasi instrumen dihitung dengan Product Moment correlation, dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof Smornov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Hasil eksperimen menyimpulkan bahwa: (1) hasil belajar dengan metode PBL lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dengan metode konvensional, dengan nilai rerata metode PBL sebesar 82,82; dan nilai rerata metode ceramah tanya jawab sebesar 67,24; (2) metode PBL mempengaruhi hasil belajar PKn dengan F tes 0,958 signifikan pada 0,000 < 0,05. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa model PBL lebih berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Ruteng, Kabupaten Manggarai tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Problem-Based Learning (PBL), hasil belajar PKn
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 16 Mar 2016 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23505

Actions (login required)

View Item View Item