Keefektifan Metode Komprehensif untuk Pengembangan Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKn di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta

Ulfah, Nufikha (2015) Keefektifan Metode Komprehensif untuk Pengembangan Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKn di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nufikha-ulfah-13705251034.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pada pemahaman nilai nasionalisme antara siswa yang mengikuti pembelajaran PPKn dengan metode komprehensif dan siswa yang menggunakan metode konvensional; 2) perbedaan pada sikap terhadap nilai nasionalisme antara siswa yang mengikuti pembelajaran PPKn dengan metode komprehensif dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional; dan 3) keefektifan metode komprehensif untuk pengembangan nilai nasionalisme (pemahaman nilai nasionalisme dan sikap terhadap nilai nasionalisme) dibandingkan dengan metode konvensional dalam pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPIT Abu Bakar Yogyarta dan sampelnya adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIE. Sampel dipilih dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan tes untuk mengukur pemahaman nilai nasionalisme dan nontes berupa angket dengan skala Likert untuk memperoleh data tentang sikap terhadap nilai nasionalisme. Data dianalisis dengan teknik statistik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan nilai signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan pada pemahaman nilai nasionalisme antara siswa yang mengikuti pembelajaran PPKn dengan metode komprehensif dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional (F= 12,070 dengan ρ= 0,001<0,05); 2) terdapat perbedaan pada sikap terhadap nilai nasionalisme antara siswa yang mengikuti pembelajaran PPKn dengan metode komprehensif dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional (F= 13,436 dan ρ=0,001<0,05); 3) metode komprehensif lebih efektif dalam mengembangkan nilai nasionalisme dibandingkan dengan metode konvensional. Secara statistik, hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji multivariat menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (< 0,05) maka Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode komprehensif efektif untuk mengembangkan nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKn di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode Komprehensif, pemahaman nilai nasionalisme, sikap terhadap nilai nasionalisme
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23504

Actions (login required)

View Item View Item