PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS BERDASARKAN ISO 9126 APLIKASI PENDETEKSI GAYA BELAJAR MODEL VAK (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERBASIS WEB

Asli, Khatul Khasanah (2015) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS BERDASARKAN ISO 9126 APLIKASI PENDETEKSI GAYA BELAJAR MODEL VAK (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERBASIS WEB. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
asli khatul khasanah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS BERDASARKAN ISO 9126 APLIKASI PENDETEKSI GAYA BELAJAR MODEL VAK (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERBASIS WEB Oleh: Asli Khatul Khasanah NIM 10520241034 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui tingkat manfaat aplikasi pendeteksi gaya belajar model VAK berbasis web dan (2) mengetahui kualitas aplikasi sesuai standar ISO 9126 dari aspek functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability, dan portability. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Pengujian functionality menggunakan checklist yang dilakukan oleh 3 web developer, pengujian usability dilakukan menggunakan kuesioner SUPR-Q pada pengguna yaitu siswa. Pengujian reliabiliity menggunakan webserver stress tools, efficiency menggunakan YSlow, maintainability diuji saat sistem mengalami error, dan portability diuji dengan menjalankan aplikasi pada lima web browser. Berdasarkan pengujian dan analisis, disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan menunjukkan hasil : 1) Pengembangan aplikasi pendeteksi gaya belajar model VAK berbasis web bermanfaat bagi pengguna dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil pengujian tingkat manfaat ini didukung oleh penelitian usability sebesar 80,93 %; 2) Kualitas functionality baik karena 100% fungsi yang dibutuhkan sudah berfungsi. Hasil uji reliability menunjukkan bahwa persentase keberhasilan adalah sebesar 100%. Hasil uji usability menyatakan rata – rata 80,93 % pengguna dapat dengan mudah menggunakan sistem dan masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Pada sisi efisiensi, dapat disimpulkan bahwa rata - rata halaman memiliki score 93,72, grade A, dan response time sebesar 1,776 detik. Pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan Model-View-Controller sehingga perbaikan dan pengembangan (maintainability) menjadi mudah. Kelayakan aplikasi dari aspek portability sudah baik karena aplikasi dapat berjalan pada browser yang berbeda tanpa ditemui eror. Kata kunci: gaya belajar, aplikasi web, ISO 9126.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23502

Actions (login required)

View Item View Item