Keefektifan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN 2 Mataram

Apriawan, Andika (2015) Keefektifan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN 2 Mataram. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andika-apriawan-13705251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi; 2) Mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan satu kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 2 Mataram NTB yang terdiri dari delapan kelas parallel. Jumlah sampel tiga kelas yang diambil secara acak (random sampling). Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas X4 (sebagai kelas eksperimen) yang terdiri atas 34 peserta didik, kelas X3 dan kelas X8 (sebagai kelas kontrol 1 dan kontrol 2) masing-masing terdiri dari 34 dan 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Instrument angket digunakan untuk mengumpulkan data motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan peserta didik. Teknik menganalisis data menggunakan uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5% untuk mengetahui keefektifan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan saintifik dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan signifikasni 0,04. 2) pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran berbasis proyek lebih efektif dibanding dengan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan signifikansi 0,04 masing-masing variabel pada kelas eksperimen, 0,056 dan 0,090 masing-masing variabel pada kelas kontrol pertama, 0,483 dan 0,555 masing-masing variabel pada kelas kontrol kedua.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, Metode Pembelajaran Konvensional, Motivasi Berprestasi, Jiwa Kewirausahaan
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23489

Actions (login required)

View Item View Item