PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS III KECAMATAN TEMON, KABUPATEN KULON PROGO

Wulandari, Evi Tri (2015) PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS III KECAMATAN TEMON, KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan problem based learning terhadap kemandirian belajar IPA siswa kelas IV SD Se- Gugus 3, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemandirian belajar IPA bagi siswa SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental bentuk nonquivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang ada se-gugus 3 Kecamatan Temon yang berjumlah 121 siswa yang tersebar di tujuh SD. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive cluster random sampling. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sekolah yang homogen yaitu SD N Pasirmendit, SD N Jangkaran, SD N 3 Glagah, dan SD N Palihan Lor. Teknik cluster sampling digunakan untuk mempermudah peneliti dengan cara mengelompokkan sampel yang akan digunakan untuk penelitian. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara undian, sehingga didapatkan kelompok eksperimen adalah SD N Pasirmendit kelas IV yang berjumlah 17 orang dan kelompok kontrol adalah SD N Jangkaran kelas IV yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan kemandirian belajar IPA antara kelompok eksperimen dengan menerapkan model problem based learning dan kelompok kontrol dengan pembelajaran biasa yaitu ceramah dan tanya jawab atau penugasan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh signifkansi hitung yaitu 0,024 < 0,05. Kelompok eksperimen memperoleh skor post test lebih tinggi yaitu 89,647 dibandingkan kelompok kontrol yaitu 81,421. Kata kunci: Problem Based Learning, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23485

Actions (login required)

View Item View Item