Aulia, Ulfa (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE-ENTRY JOURNALS (DEJ) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Univesitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
Penelitian mempunyai tujuan sebagai berikut. Pertama, mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan strategi Double-Entry Journals (DEJ) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks eksplansi tanpa menggunakan strategi Double-Entry Journals (DEJ) pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Kedua, menguji keefektifan penggunaan strategi DEJ dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta berjumlah 339. Teknik penentuan sampel dengan cluster random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai P skor pretest sebesar 0,739 dan skor posttest sebesar 0,145. Nilai P > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis uji-t data posttest kemampuan menulis teks eksplanasi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai th 3,537, p sebesar 0,01 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan strategi Double-Entry Journals (DEJ) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks eksplansi tanpa menggunakan strategi Double-Entry Journals (DEJ) pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 1,91 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol 0,58 . Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa strategi Double-Entry Journals (DEJ) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada kelas VII SMP N 15 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 22 Jul 2015 01:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23480 |
Actions (login required)
View Item |