PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MACAM- MACAM TUSUK HIAS BAGI SISWA KELAS X SMKN I PANDAK

Arum, Windani (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MACAM- MACAM TUSUK HIAS BAGI SISWA KELAS X SMKN I PANDAK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Arum Windani 08513241027.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

viii Abstrak PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MACAM- MACAM TUSUK HIAS BAGI SISWA KELAS X SMKN I PANDAK Oleh Arum Windani Nim. 08513241027 Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan modul pembelajaran macam-macam tusuk hias sebagai media pembelajarn bagi siswa kelas X SMKN 1 Pandak; 2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran macam-macam tusuk sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X SMKN 1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model pengembangan modifikasi ADDIE model dan I Wayan Santyasa dengan tahapan yang dilakukan meliputi tahap analisis (analysis), tahap desain modul (design) dan tahap pengembangan (development). Kelayakan modul macam-macam tusuk hias ditinjau dari validasi 3 ahli media dan 3 ahli materi. Uji kelayakan keterbacaan modul oleh siswa dilakukan pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba kelompok kecil bertujuan untuk mengetahui hasil kepahaman siswa secara terbatas berupa saran dan komentar kemudian dianalisi dan direvisi, uji coba kelompok kecil dilakukan sebanyak 5 siswa dipilih secara simple random sampling, selanjutnya dilakukan uji coba lapangan sebanyak 32 siswa yang kemudian dianalisis dan menjadi hasil akhir produk modul sebagai media pembelajaran Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul macam-macam tusuk hias bagi siswa kelas X SMKN 1 Pandak berhasil dilakukan melalui penelitian dan pengembangan modul pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kaidah penulisan modul yang meliputi judul, kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi, kunci jawaban dan daftar pustaka. Hasil validasi modul yang dilakukan oleh 3 ahli media menyatakan “layak” dengan skor rerata 24 dan 3 ahli materi menyatakan “layak” dengan skor rerata 18,7. Kelayakan modul dari uji coba keterbacaan dan pemahaman isi modul oleh siswa sebanyak 32, menunjukkan hasil prosentase 54,1% dalam kategori baik yang artinya siswa mudah memahami materi, memahami bahasa yang digunakan pada modul, dan tertarik dengan tampilan modul. Berdasarkan hasil dari validasi modul para ahli dan hasil dari uji coba siswa dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran macam-macam tusuk hias bagi siswa kelas X SMKN 1 Pandak dapat dinyatakan “layak dan baik” sebagai media pembelajaran siswa. Kata kunci : Pengembangan modul Pembelajaran, Macam-macam tusuk hias, dan Kelayakan modul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item