KORELASI ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI KOMPETENSI KEJURUAN DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA SMK PIRI SLEMAN

Artcep, Andiken Layul Azis (2015) KORELASI ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI KOMPETENSI KEJURUAN DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Artcep Andiken Layul 07503244025.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

KORELASI ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI KOMPETENSI KEJURUAN DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA SMK PIRI SLEMAN Artcep Andiken Layul Azis NIM. 07503244025 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui tingkat pemahaman soft skills siswa kelas XI SMK PIRI Sleman, (2) mengetahui prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) siswa kelas XI SMK PIRI Sleman, (3) mengetahui kesiapan kerja siswa kelas XI SMK PIRI Sleman, (4) mengetahui hubungan tingkat pemahaman soft skills dan prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI SMK PIRI Sleman, dan. (5) mengetahui besarnya pengaruh tingkat pemahaman soft skills dan prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI SMK PIRI Sleman. Penelitian ini dilakukan pada semua siswa SMK PIRI Sleman kelas XII dengan populasi 89 siswa dan sampel 30 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman soft skills, sedangkan variabel terikatnya adalah kesiapan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional yang menggunakan desain penelitian Ex-post facto, karena dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah data dari hasil peristiwa yang telah berlangsung. Teknik pengumpul data menggunakan kuesioner/angket didukung dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Skor tingkat pemahaman soft skills siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Otomotif SMK PIRI Sleman Tahun Pelajaran 2012/2013 berkategori sangat rendah 11,1%, rendah 13,5%, sedang 27,2%, tinggi 28,4%, dan sangat tinggi 9,9%. sangat rendah 4,10%, rendah 7,4%, sedang 12,3%, tinggi 50,6%, dan sangat tinggi 24,7%. Skor kesiapan kerja berkategori sangat rendah 28,4%, rendah 32,1%, sedang 22,2%, tinggi 11,1%, dan sangat tinggi 6,2%. (2) Tingkat pemahaman soft skills mempunyai hubungan dengan kesiapan kerja siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Otomotif SMK PIRI Sleman Tahun Pelajaran 2012/2013, (t = 12,768 > 1,664; sig = 0,000 < 0,05). (3) Prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) mempunyai hubungan dengan kesiapan kerja siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Otomotif SMK PIRI Sleman Tahun Pelajaran 2012/2013, (t = 2,112 > 1,664; sig = 0,038 < 0,05). (4)Tingkat pemahaman soft skills mempunyai hubungan paling dominan (t terbesar) dibandingkan dengan prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dengan kesiapan kerja. Proporsi pengaruh kedua variabel bebas dengan variabel terikat adalah 71,2% sedangkan 28,8% sisanya merupakan proporsi pengaruh dari faktor-faktor lain yang tidak teridentifikasi dalam penelitian skripsi ini. (5)Sumbangan efektif variabel tingkat pemahaman soft skills dengan variabel kesiapan kerja adalah 80,1% (signifikan), sumbangan efektif variabel prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dengan variabel kesiapan kerja adalah 13,3% (tidak signifikan), sedangkan sumbangan efektif variabel tingkat pemahaman soft skills dan variabel prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) secara bersama dengan variabel kesiapan kerja adalah 71,2% (signifikan) dan 28,8% sisanya merupakan pengaruh dari faktor-faktor lain di luar kedua variabel tersebut di atas. Kata kunci: tingkat pemahaman soft skills, prestasi kompetensi kejuruan, kesiapan kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 03:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23476

Actions (login required)

View Item View Item