Armando, Susilo (2015) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA ANGKATAN 2013 MASUK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNY. S1 thesis, UNY.
|
Text
Armando Susilo 07503244037.pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA ANGKATAN 2013 MASUK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNY Oleh : Armando Susilo NIM. 07503244037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tentang pemahaman diri, pengaruh keluarga dan pengaruh sekolah asal terhadap minat mahasiswa angkatan 2013 dalam melanjutkan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan empat variabel, yaitu: Pemahaman diri (X1), Faktor keluarga (X2), Faktor sekolah (X3), dan Minat melanjutkan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY (Y). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan 4 (empat) alternatif pilihan jawaban. Uji coba instrumen dilakukan pada mahasiswa angkatan 2013 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY yang lulusan SMK. Jumlah subyek 30 mahasiswa angkatan 2013 lulusan SMK dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas. Harga rtabel uji validitas sebesar 0,361 dan harga Crounbach Alpha pada uji reliabilitas sebesar 0,818. Penelitian menggunakan penelitian sampel dengan jumlah populasi 123 manhasiswa angkatan 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Sebelum data di analisis, data diuji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, homogenitas, linearitas dan uji multikolinearitas. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa: (1) Skor rata-rata variabel pemahaman diri terhadap minat dalam kategori tinggi, serta positif dan signifikan antara pemahaman diri terhadap minat untuk melanjutkan. Sumbangan pemahaman diri terhadap minat sebesar 36%. Sumbangan relatif variabel pemahaman diri adalah 25,7% dan sumbangan efektif 13,98%. (2) Skor rata-rata variabel faktor keluarga terhadap minat dalam kategori sangat tinggi, serta positif dan signifikan antara faktor keluarga terhadap minat untuk melanjutkan. Sumbangan pengaruh keluarga terhadap minat sebesar 47%. Sumbangan relatif variabel pengaruh keluarga adalah 31% dan sumbangan efektif 16,86%. (3) Skor rata-rata variabel faktor sekolah terhadap minat dalam kategori tinggi, serta positif dan signifikan antara faktor keluarga terhadap minat untuk melanjutkan. Sumbangan pengaruh sekolah asal terhadap minat sebesar 15%. Sumbangan relatif variabel pengaruh sekolah asal adalah 43% dan sumbangan efektif 16,86%. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman diri siswa, faktor keluarga, dan faktor sekolah secara bersama-sama terhadap minat siswa lulusan SMK untuk melanjutkan ke Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY dengan persamaan garis regresi Y= 13,767 + 0,742X1 + 0,173X2 + 0,250X3. Sumbangan pemahaman diri, pengaruh keluarga dan pengaruh sekolah asal secara bersama-sama terhadap minat lebih dari 50%. Kata kunci: Pengaruh pemahaman diri, faktor sekolah, faktor keluarga dan minat melanjutkan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 14 Jul 2015 03:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |