PENERAPAN MODUL CNC DASAR DENGAN MEDIA CNC TURNING VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR MEMPROGRAM MESIN NC/CNC DASAR DI SMK PGRI 1 NGAWI

Ariza, Hidayat (2015) PENERAPAN MODUL CNC DASAR DENGAN MEDIA CNC TURNING VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR MEMPROGRAM MESIN NC/CNC DASAR DI SMK PGRI 1 NGAWI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ariza Hidayat 06503244006.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODUL CNC DASAR DENGAN MEDIA CNC TURNING VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR MEMPROGRAM MESIN NC/CNC DASAR DI SMK PGRI 1 NGAWI Oleh: Ariza Hidayat 0650324406 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui nilai memprogram mesin NC/CNC dasar sebelum menggunakan modul memprogram mesin NC/CNC dasar dan CNC turning virtual sebagai bahan ajar yang akan diterapkan dalam penelitian, (2). Meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan modul memprogram mesin NC/CNC dasar dan CNC turning virtual sebagai bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 responden. Penelitian dilaksanakan dari bulan Februari 2013. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu: (1). Penerapan modul memprogram mesin NC/CNC dasar dengan CNC turning virtual sebagai variabel bebas, (2). Variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa memprogram mesin NC/CNC dasar. Metode pengambilan data melalui tahap observasi awal dan tahap pelaksanaan tindakan. Data-data yang dihasilkan selama tindakan berlangsung disajikan dalam bentuk deskripsi. Sedangkan data-data kuantitatif berupa angka-angka yang disajikan dalam berkas deskripsi kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai CNC rata-rata sebelum tindakan kelas menunjukan 72.6, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 11 siswa dari 20 siswa (2) Nilai CNC rata-rata siswa pada tindakan kelas siklus 1 adalah 79.97, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 7 siswa dari 20 siswa (3) Nilai CNC rata-rata siswa pada tindakan kelas siklus 2 adalah 81.67, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 2 siswa dari 20 siswa (4) Nilai CNC rata-rata siswa pada tindakan kelas siklus 3 adalah 92.5, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM adalah 0 yang artinya seluruh siswa sudah mencapai KKM. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, modul CNC untuk SMK, CNC turning virtual, dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 03:23
Last Modified: 30 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23465

Actions (login required)

View Item View Item