Model Latihan Pola Penyerangan Smash Bolavoli pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Pathurrohman, Pathurrohman (2015) Model Latihan Pola Penyerangan Smash Bolavoli pada Siswa Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pathurrohman-13711251058.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan dengan bentuk-bentuk pola penyerangan untuk pesertaekstrakurikuler bolavoli sekolah menengah atas yang layak digunakan.Model latihan pola penyerangan yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh pelatih ekstrakurikuler bolavoliSMA atau SMK sebagai salah satu bentuk model latihan yang baik dan efektif melalui kegiatan ekstrakurikuler yang bervariatif. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah- langkah penelitian pengembangan menurut Borg & Gall (1983: 775) sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap peserta ekstrakurikulerbolavoli dari SMA Negeri1 MejayanMadiun Jawa Timur yang berjumlah 15 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap peserta ekstrakurikuler bolavoli dari SMA Negeri 2 Mejayan dan SMK PGRI 1 Mejayan Madiun Jawa Timur yang berjumlah 35 anak.Uji efektifitas produk penelitian dilakukan terhadap peserta ekstrakurikuler bolavoli dari SMA Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta yang berjumlah 10 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, (5) tes unjuk kerja efektifitas produk dan (6) kuisioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model latihan pola penyerangan smash bolavoli pada siswa sekolah menengah atas yang berisikan delapan pola penyerangan (masing-masing memiliki bentuk variasi gerak yang berbeda) yaitu pola penyerangan satu sampai pola penyerangan delapan, yang disusun dalam bentuk buku panduan dan CD (compact disk). Hasil analisis data penilaian para ahli materi dan kuisioner siswa, dapat ditarik kesimpulan bahwa model latihan pola penyerangan smash bolavoli pada siswa sekolah menengah atas ini dinilai baik dan efektif, hasil dari uji efektifitas produk juga mengalami peningkatan yang signifikan, dan respon peserta ekstrakurikuler bolavoli yang menjadi sampel dalam penelitian ini memberikan respon yang positif, sehingga model latihan yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model latihan, pola penyerangan, smash, bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item View Item