KESIAPAN SEKOLAH SMK MA’ARIF AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA MENUJU PEMENUHAN STANDAR NASIONAL ABSTRAKSI

Aris, Budi Nurfatsyah (2015) KESIAPAN SEKOLAH SMK MA’ARIF AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA MENUJU PEMENUHAN STANDAR NASIONAL ABSTRAKSI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aris Budi Nurfatsyah - 035124018.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

KESIAPAN SEKOLAH SMK MA’ARIF AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA MENUJU PEMENUHAN STANDAR NASIONAL ABSTRAKSI Aris Budi Nurfatsyah NIM. 035124018 Pembimbing: Soeharto, M.SOE, Ed.D Penelitian ini bertujuan untukmengetahui sejauh mana pencapaian kesiapan sekolah SMK Ma’arif Al Munawwir Krapyak Yogyakarta menuju pemenuhan standar nasional dalam standar isi, standar proses, standarkompetensi lulusan, dan standar penilaian. Subjek penelitian 24 responden yaitu berasal dari kepala sekolah, ketua jurusan, dan guru.Penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif Al Munawwir Krapyak Yogyakarta mulai bulan Maret – Mei 2011.Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi.Angket digunakan untuk menjaring informasi, tanggapan, dan sikap responden terhadap kesiapan standar isi, standar proeses, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian di sekolah.Sementara dokumentasi untuk memperkuat data yang dihasilkan dari angket.Validasi instrumen penelitian dianalisis dengan konsep validasi isi, karena disusun berdasarkan pada teori yang dipakai. Setelah isntrumen berhasil disusun kemudian dikonsultasikan dengan dosen pembimbing dan 2 orang ahli untuk mengetahui instrumen bahwa instrumen telah mewakili dari apa yang diukur. Uji reabilitas instrumen dianalisis dengan rumus Alfa Cronbach.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapan standar isi sekolah SMK Ma’arif Al Munawwir Krapayak Yogyakarta dalam menunju pemenuhan standar nasional berdasarkan angket dengan pencapaian kesiapan persentase sebesar 71,79% perlu ditingkatkan melalui kegiatan setiap mata pelajaran yang memanfaatkan TIK dan jenis TIK, adanya dokumen KTSP, dokumen pengembangan silabus, dan adanya program pengembangan diri berupa kegiatan ekstrakurikuler, (2) kesiapan standar proses sekolah SMK Ma’arif Al Munawwir Krapayak Yogyakarta dalam menunju pemenuhan standar nasional berdasarkan angket dengan pencapaian persentase sebesar 75,80% perlu ditingkatkan melalui kegiatan adanya dokumen laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan, dokumen pelaksanaan pembelajaran KKPI dengan melibatkan SDM yang memiliki kompetensi sesuai, mengecek metode pembelajaran serta sumber belajar dan/atau media pembelajaran dalam RPP,(3) kesiapan standar kompetensi lulusan sekolah SMK Ma’arif Al Munawwir Krapayak Yogyakarta dalam menunju pemenuhan standar nasional berdasarkan angket dengan pencapaian persentase sebesar 72,41% perlu ditingkatkan melalui adanya kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya diikuti oleh 90% siswa, adanya silabus khususnya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, IPS atau mata pelajaran lainnya yang memuat materi tentang memahami hak dan kewajiban orang lain dalam pergaulan masyarakat, daftar nilai rata-rata UN untuk teori dan praktik kelompok mata pelajaran produktif tahun terakhir, (4)kesiapan standar penilaian sekolah SMK Ma’arif Al Munawwir Krapayak Yogyakarta dalam menunju pemenuhan standar nasional berdasarkan angket dengan pencapaian persentase sebesar 78,96% perlu ditingkatkan melalui adanya dokumen silabus mata pelajaran yang mempunyai teknik penilaian sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dasar (KD) dan berita acara penyelenggaraan ujian semester dan penentuan kelulusan siswa sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) ujian akhir. Kata kunci : SMK, Pemenuhan Standar Nasional pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23448

Actions (login required)

View Item View Item