PELAKSANAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA DIKLAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN ELEKTRO SMK NEGERI 2 KENDAL)

Arinda, Zulfita Khudori (2015) PELAKSANAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA DIKLAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN ELEKTRO SMK NEGERI 2 KENDAL). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Arinda Zulfita Khudori 07520244045.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA DIKLAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN ELEKTRO SMK NEGERI 2 KENDAL) Oleh Arinda Zulfita Khudori NIM : 07520244045 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan e-Learning pada Program Studi Keahlian Elektro di SMK Negeri 2 Kendal dan dengan meggunakan media e-Learning pada mata pelajaran KKPI pada Program Studi Keahlian Elekro serta untuk mengetahui manfaat dari media e-Learning terhadap pembelajaran mata pelajaran KKPI pada program studi keahilan Elektro di SMK Negeri 2 Kendal. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas XI pada program studi keahlian elektro di SMK Negeri 2 Kendal sejumlah 86 siswa. Untuk melengkapi data diambil pula responden guru,administrator e-Learning wali kelas, dan waka kurikulum yang berjumlah enam orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Data ditabulasikan dalam lembar data selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validitas data diuji dengan expert judgment, sementara reliablitas data dilakukan dengan uji statistik menggunakan rumus Alpha Chronbach. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan e- Learning pada program studi keahlian elektro di SMK Negeri 2 Kendal sudah dilaksanakan sejak tahun 2006 dan digunakan sebagai media tambahan dalam proses belajar mengajar. Media e-Learning sendiri masih sebagai media tambahan dalam memberikan materi, tugas maupun informasi lain yang berhubungan dengan pelajaran. Dari data yang didapatkan dari siswa menunjukan ada 10.47% yang mengatakan bahwa proses pembelajaran menggunakan media e-Learning tidak baik, 9.30% mengatakan kurang baik, 30.23% mengatakan cukup baik dan 50% (43 siswa) mengatakan sangat baik. Sedangkan dari data guru diperoleh hasil 50% mengatakan bahwa pelaksanaan sudah cukup baik dan 50% mengatakan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media e-Learning sangat baik. Secara keseluruhan responden mengatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media e-Learning sudah baik dilihat dari segi proses pembelajaran, materi maupun manfaat. Selain itu diperoleh pula manfaat media pembelajaran e-Learning diantaranya mempermudah siswa dalam mengakses materi dan mempermudah guru dalam memantau aktivitas belajar siswa. Kata kunci : media pembelajaran, e-Learning, SMK Negeri 2 Kendal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23440

Actions (login required)

View Item View Item