PENINGKATAN KOMPETENSI PEWARNAAN TEKNIK KERING MELALUI METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DI SMK N 1 PANDAK

Arifah, Arifah (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PEWARNAAN TEKNIK KERING MELALUI METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DI SMK N 1 PANDAK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ARIFAH 11513242006.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI PEWARNAAN TEKNIK KERING MELALUI METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DI SMK N 1 PANDAK” Arifah NIM. 11513242006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Peer Tutoring dalam meningkatkan kompetensi pewarnaan dengan teknik kering siswa kelas X Busana Butik pada mata pelajarann menggambar busana dii SMK N 1 Pandak dan (2) Mengetahui peningkatan kompetensi pewarnaan dengan teknik kering melalui metode Peer Tutoring pada mata pelajaran menggambar busana siswa kelas X Busana Butik di SMK N 1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis and Mc Taggart. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X Busana Butik SMK N 1 Pandak berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes mengungkap kompetensi siswa, berupa tes teori dan unjuk kerja. Observasi berupa catatan lapangan dan penilaian afektif siswa. Uji validitas instrument berdasarkan judgment ekspert. Uji reliabilitas soal tes pilihan ganda menggunakan rumus KR 20 diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,788. Reliabilitas pada lembar penilaian afektif sebesar 0,938 dan lembar penilaian psikomotor sebesar 0,926 menggunakan teknik Alfa Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase dengan menghitung nilai ketuntasan belajar tiap siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan metode pembelajaran Peer Tutoring pada materi pewarnaan teknik kering dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan yaitu guru memberikan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran tentang materi pewarnaan dengan teknik kering gambar busana. Kegiatan inti yaitu guru menerapkan metode pembelajaran Peer Tutoring, dimulai dari menyusun kelompok beranggota 4-5 orang dengan menunjuk salah satu siswa menjadi tutor dalam kelompoknya, guru menjelaskan cara penyelesaian tugas dengan metode Peer Tutoring, guru menjelaskan materi pewarnaan teknik kering gambar busana, siswa mengerjakan pewarnaan teknik kering dibawah bimbingan teman tutornya, guru mengamati aktivitas belajar siswa, guru bersama peserta didik memberi evaluai dari hasil pewarnaan teknik kering melalui metode pembelajaran Peer Tutoring. Kegiatan penutup yaitu guru menilai pengetahuan siswa dengan memberikan tes pilihan ganda dan guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran pewarnaan teknik kering. 2) Kompetensi siswa meningkat dengan signifikan, pada pra siklus hanya 7 dari 31 siswa atau 22,58% yang tuntas KKM. Pada siklus 1 sebesar 48,39% dari 7 siswa menjadi 22 siswa, sedangkan pada siklus 2 meningkat sebesar 12,9% dari 22 siswa menjadi 26 siswa yang tuntas KKM. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Peer Tutoring dapat meningkatkan kompetensi pada materi pewarnaan teknik kering kelas X di SMK N 1 Pandak. Kata kunci : peningkatan kompetensi, pewarnaan teknik kering dan Peer Tutoring.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23434

Actions (login required)

View Item View Item