PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 3 BERBAH KABUPATEN SLEMAN

Islinawati, Ika (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 3 BERBAH KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
COVER REVISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 revisi 3.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IIrevisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.revisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV revisi dari pak mur.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan partisipasi aktif dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 3 Berbah Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang diperpergunakan adalah teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, yang dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament mampu meningkatkan partisipasi aktif dan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya partisipasi aktif dan nilai prestasi belajar siswa. Peningkatan yang terjadi telah mencapai kriteria yang diharapkan. Untuk partisipasi aktif siswa, peningkatan yang terjadi dapat dilihat dari meningkatnya presentase untuk masing- masing indikator. Pada siklus I persentase sebagian besar indikatornya masih belum mencapai kriteria atau masih berada di bawah 70 % kemudian pada siklus kedua persentasenya meningkat sehingga semua indikator partisipasi aktif telah mencapai kriteria atau telah lebih dari 70%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil tes yang diperoleh siswa semakin meningkat. Hasil dari siklus I nilai rata- rata tes siswa adalah 68,89 dan meningkat pada siklus II menjadi 79,72. Dari rata-rata tersebut dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata 10,83 dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 14 Jul 2015 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23432

Actions (login required)

View Item View Item