Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Hasil Pembelajaran Ekstrakurikuler Sepak Bola 4 Lawan 4 di Sekolah Menengah Atas

Rosyadhi, Tommy farid (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Hasil Pembelajaran Ekstrakurikuler Sepak Bola 4 Lawan 4 di Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tommy-farid-rosyadhi-13711251030.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian autentik hasil pembelajaran ekstrakurikuler sepak bola 4 lawan 4 di sekolah menengah atas yang layak dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan instrumen penilaian autentik hasil pembelajaran ekstrakurikuler sepak bola 4 lawan 4 di sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahapan, yaitu: tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap pendahuluan terdiri dari: kajian literatur, kajian penelitian relevan, observasi, dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri dari: penyusunan draf awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, uji coba skala besar, produk akhir, dan uji operasional lapangan. Validasi melibatkan 3 orang ahli dengan menggunakan teknik delphi. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 16 siswa dan 3 pelatih atau penilai di SMA Negeri 1 Seyegan. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 32 siswa dan 4 pelatih atau penilai di SMA Negeri 1 Ngaglik dan SMA Negeri 2 Ngaglik. Desain uji coba menggunakan single one shot case study. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, observasi, dan tes (penilaian). Analisis data untuk menentukan validitas menggunakan Content Validity Ratio (CVR). Analisis data untuk menentukan reliabilitas menggunakan Intraclass Correlation Coefficients (ICC). Analisis data untuk uji keefektifan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini berupa buku pedoman penggunaan instrumen penilaian autentik hasil pembelajaran ekstrakurikuler sepak bola 4 lawan 4 di SMA. Aspek penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas decision making, skill execution, supporting, dan covering. Instrumen penilaian ini mempunyai nilai validitas isi sebesar 0,948 dan nilai reliabilitas sebesar 0,862. Pelaksanaan penilaian autentik hasil pembelajaran ekstrakurikuler sepak bola 4 lawan 4 ini masuk dalam kategori baik pada uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar. Instrumen penilaian autentik hasil pembelajaran ekstrakurikuler sepak bola 4 lawan 4 ini efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran ekstrakurikuler sepak bola SMA di Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian, autentik, ekstrakurikuler, sepak bola, SMA
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23431

Actions (login required)

View Item View Item