PERANAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Husnul Khotimah, Hanifah (2011) PERANAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman awal.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I LANJUTAN.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LANJUTAN.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III AJA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Lanjuttt.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Lanjut.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Guru dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa terhadap Tata Tertib Sekolah, kendalakendala yang dihadapi Guru dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa terhadap Tata Tertib Sekolah. Di samping itu untuk mengetahui upaya yang dilakukan Guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa terhadap Tata Tertib Sekolah di SMP Negeri 3 Depok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, dimana yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Seolah, seorang Pembina OSIS, seorang Guru BK, seorang Guru Wali Kelas, seorang Guru Mata Pelajaran PKn dan Seorang Siswa SMP Negeri 3 Depok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis induktif dengan langkah-langkah (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peranan guru dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa terhadap Tata Tertib Sekolah, adapun peranan tersebut antara lain (1) Menumbuhkan Pengetahuan siswa terhadap Tata Tertib Sekolah melalui sosialisasi, (2) Menumbuhkan Pemahaman Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah dengan melakukan penjelasan akan substansi peraturan yang diatur dalam Tata Tertib Sekolah, (3) Menumbuhkan Sikap Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah melalui pelaksanaan dan penegakan Tata Tertib dengan pemberlakuan sanksi menggunakan sistem skoring yang bertujuan untuk membuat siswa patuh dan tumbuh kesadaran hukum, selain itu juga dengan mendidik, membimbing, dan melatih siswa untuk memiliki sikap sadar terhadap Tata Tertib Sekolah, (4) Menumbuhkan Pola Perilaku siswa terhadap Tata Tertib Sekolah dengan pembinaan dan pembiasan. Kendala yang dihadapi antara lain: (1) faktor siswa (usia remaja awal, perbedaan karakteristik siswa, keluarga kurang harmonis), (2) faktor Guru (kurang pengawasan, belum semua guru melaksanakan peranannya, guru dalam melaksanakan perannya kurang bisaseirama), dan (3) faktor fasilitas (fasilitas wifi disalahgunakan, kurang berfungsinya koperasi). Adapun upaya Guru untuk mengatasi kendala tersebut antara lain: (1) faktor siswa (pembinaan kepada siswa akan pentingnya memiliki kesadaran hukum dalam mematuhi Tata Tertib Sekolah), (2) faktor Guru (rekoordinasi anatar komponen sekolah), dan (3) faktor fasilitas (mengoptimalkan sarana dan prasarana sekolah).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 14 Jul 2015 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23430

Actions (login required)

View Item View Item