Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kinerja Hasil Belajar Bermain Bola Basket 3 Lawan 3 di Ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas

Wirawan, Restu abia (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kinerja Hasil Belajar Bermain Bola Basket 3 Lawan 3 di Ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-restu-abia-wirawan-13711251069.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian berbasis kinerja hasil belajar bermain bola basket 3 lawan 3 di ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas yang layak, dan (2) mengetahui validitas, reliabilitas, serta efektivitas instrumen penilaian berbasis kinerja hasil belajar bermain bola basket di ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas lima tahapan, yaitu: tahap analisis kebutuhan, penyusunan model (prototype), validasi ahli, uji coba skala terbatas, dan uji coba skala luas. Validasi melibatkan 3 orang ahli dengan menggunakan teknik CVR. Uji coba skala terbatas dilakukan terhadap 10 siswa dan 3 pelatih di SMA Negeri 2 Ngaglik. Uji coba skala luas dilakukan terhadap 35 siswa dan 6 pelatih atau penilai di SMA Negeri 4 Yogyakarta, SMA Internasional Budi Mulia 2 Sleman, dan SMA Negeri 6 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, lembar kuesioner, lembar observasi, dan rubrik penilaian. Anlisis data untuk menentukan validitas, menggunakan content validity ratio (CVR). Analisis data untuk menentukan reliabilitas, menggunakan intraclass correlation coeffisients (ICC). Analisis data untuk uji keefektifan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian berupa buku pedoman instrumen penilaian berbasis kinerja hasil belajar bermain bola basket 3 lawan 3 di ekstrakurikuler SMA. Aspek penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini, yaitu: decision making, skill execution, supporting, dan preven skorring. Berdasarkan penilaian para ahli, instrumen penilaian ini valid dan layak digunakan. Instrumen penilaian mempunyai validitas isi sebesar (CVR=1). Instrumen mempunyai nilai reliabilitas penilaian akhir (total) pada koefisien alpha sebesar , dan nilai koefisien ICC antar rater sebesar . Pelaksanaan penilaian dengan instrumen berbasis kinerja hasil belajar bermain bola basket ini masuk dalam kategori baik pada uji coba skala terbatas maupun uji coba skala luas. Instrumen penilaian berbasis kinerja hasil belajar bermain bola basket ini dapat motivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Keefektifan penggunaan instrumen ini dapat dilihat dari motivasi siswa untuk belajar atau latihan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, penilaian berbasis kinerja, ekstrakurikuler bola basket SMA.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item View Item