KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN PKN YANG BERDIMENSI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI SEKECAMATAN PURWOREJO

Aziiz, Burhannudin (2011) KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN PKN YANG BERDIMENSI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI SEKECAMATAN PURWOREJO. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (Repaired).pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V anyar.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA asli.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran PKn yang berdimensi pendidikan karakter di SMP Negeri se-Kecamatan Purworejo, (2) Implementasi pembelajaran PKn yang berdimensi pendidikan karakter di SMP Negeri se-Kecamatan Purworejo, (3) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran PKn yang berdimensi pendidikan karakter di SMP Negeri se-Kecamatan Purworejo, (4) Solusi yang dilakukan oleh guru mengatasi kendala dalam mengembangkan pembelajaran PKn yang berdimensi pendidikan karakter di SMP Negeri se-Kecamatan Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penentuan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik populasi. Subjek penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran PKn di SMP Negeri se-Kecamatan Purworejo. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi dengan sumber data yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Guru mata pelajaran PKn di SMP Negeri se- Kecamatan Purworejo belum memenuhi kriteria guru profesional, dari keempat kompetensi yang belum terpenuhi adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional namun untuk kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial sudah terpenuhi.(2) Guru mata pelajaran PKn di SMP Negeri se-Kecamatan Purworejo belum mengimplementasikan pendidikan karakter pada mata pelajaran PKn secara tepat.(3) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pengembangan pembelajaran PKn yang berdimensi pendidikan karakter antara lain:guru mata pelajaran PKn di SMP negeri se-Kecamatan Purworejo belum memahami pendidikan karakter, guru mata pelajaran PKn di SMP Negeri se-Kecamatan Purworejo memiliki kendala waktu dalam mengembangkan pembelajaran, kendala sarana dan prasarana di sekolah yang belum menunjang untuk kegiatan belajar mengajar.(4) Solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala-kendala dalam mengembangkan pembelajaran PKn berdimensi pendidikan karakter antara lain: bimbingan teknis (BINTEK) pendidikan karakter mata pelajaran PKn SMP dan mencari informasi mengenai pendidikan karakter melalui kegiatan MGMP PKn di Kabupaten Purworejo, untuk mengatasi kendala waktu guru mengoptimalkan dan mengefisienkan waktu yang dimiliki sehingga waktu tersebut menjadi efektif dan efisien, dalam mengatasi kendala sarana dan prasarana di sekolah guru mengoptimalkan sarana dan prasarana yang sudah tersedia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 14 Jul 2015 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23426

Actions (login required)

View Item View Item