Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Bola basket melalui Model Pembelajaran Teaching Game For Understanding di Kelas X Teknik Komputer Jaringan A SMK N 2 Depok Mrican

Rumini, Rumini (2015) Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Bola basket melalui Model Pembelajaran Teaching Game For Understanding di Kelas X Teknik Komputer Jaringan A SMK N 2 Depok Mrican. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rumini-10711251009.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran permainan bola basket melalui model pembelajaran TGFU di kelas X Jurusan Komputer Jaringan SMK N 2 Depok Mrican. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas X Tehnik Komputer Jaringan SMK N 2 Depok Mrican berjumlah 32 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Agustus 2013 sampai Oktober 2013, pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi hasil belajar keterampilan basket lempar dada, lempar pantul, lempar atas kepala, (2) tes hasil belajar keterampilan bermain bola basket, (3) observasi kelas terhadap guru, (4) observasi terhadap situasi kelas, (5) observasi terhadap perilaku siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran TGFU dapat meningkatkan keterampilan proses pembelajaran bola basket pada siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK N 2 Depok, Mrican. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai siswa 79,5 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 78,18. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80,47. Pada siklus II 100 % siswa dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 79 untuk nilai keterampilan bermain bola basket di SMK N 2 Depok Mrican.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bola basket, TGFU
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23425

Actions (login required)

View Item View Item