KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH IDEAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MAN SUMPIUH BANYUMAS

Puspitasari, Irma (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH IDEAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MAN SUMPIUH BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi.irma puspitasari.08201244006.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan menulis cerpen antara siswa kelas X yang menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal, (2) keefektifan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X MAN Sumpiuh Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Model desain penelitiannya menggunakan pretest dan posttest dengan kelompok kontrol (control group pretest-posttest design). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal dan variabel terikat berupa keterampilan siswa menulis cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dengan cara pengundian. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan bahwa kelas X-3 sebagai kelompok kontrol dan kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan menulis cerpen. Isi instrument dikonsultasikan dengan para ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Sebelum dilakukan analisis menggunakan uji-t maka dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok tersebut terbukti bahwa skor pretest dan posttest kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil uji-t skor pretest dan posttest keterampilan menulis cerpen menunjukkan bahwa nilai t lebih besar dari ttabel (4,576> 2,000) taraf signifikansi 5% dengan db 58 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis cepen antara kelompok siswa yang diajar pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal siswa kelas X MAN Sumpiuh Banyumas, (2) pembelajaran menulis cerpen kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal lebih efektif dibandingkan dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item View Item