Evaluasi Kesiapan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SMP Negeri dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Destriana, Destriana (2015) Evaluasi Kesiapan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SMP Negeri dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-destriana-13711251050.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang context, input, process, dan product kesiapan guru yang akan berguna untuk penyempurnaan dan perbaikan dalam rangka pelaksanaan Kurikulum 2013 khususnya pelajaran PJOK SMP Negeri di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode CIPP. Sampel penelitian adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), kepala sekolah, peserta didik, ketua sub bagian pendidikan dasar, Ketua LPMP, serta Ketua MGMP di DIY yang menggunakan K 13 selama 3 semester. Data dikumpulkan melalui Angket: (1) Guru PJOK, (2) Kepala sekolah, (3) Kepala sub dinas pendidikan dasar, (4) ketua LPMP, (5) ketua MGMP dan, (6) peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kontek kesiapan guru PJOK dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di DIY adalah dalam kondisi siap, evaluasi input kesiapan guru PJOK dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di DIY adalah dalam kondisi siap tetapi, perlu adanya perbaikan aspek sarana dan prasarana serta kualifikasi akademik dan kompetensi guru, evaluasi proses kesiapan guru PJOK dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di DIY adalah dalam kondisi siap tetapi, perlu diadakan perbaikan dalam hal yang berhubungan dengan pendalaman pengetahuan tentang pedoman pembuatan RPP serta evaluasi produk kesiapan guru PJOK dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di DIY adalah dalam kondisi siap tetapi, perlu adanya perbaikan pada aspek keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar, terutama proses penilaian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kesiapan guru, kurikulum 2013
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 09 May 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23404

Actions (login required)

View Item View Item