Pengembangan Model Permainan Pembelajaran Teknik Dasar Bola Basket untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Bola Basket di Sekolah Menengah Pertama

Prasetyo, Dedi Wahyu (2015) Pengembangan Model Permainan Pembelajaran Teknik Dasar Bola Basket untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Bola Basket di Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dedi wahyu prasetyo-13711251065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model permainan untuk pembelajaran teknik dasar bola basket di sekolah menengah pertama. Model permainan teknik dasar disesuaikan dengan aspek pertumbuhan dan perkembangan serta karakteristik anak pada usianya yang dikemas melalui aktivitas fisik yang difokuskan pada teknik dasar passing, dribbling, dan shooting. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan produk model permainan untuk pembelajaran teknik dasar bola basket di sekolah menengah pertama dilakukan dalam tujuh tahapan, yaitu: (1) pengumpulan hasil riset dan informasi, (2) analisis terhadap produk yang akan dikembangkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Subjek penelitian ini adalah anak sekolah menengah pertama. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 25 siswa SMP N 4 Pandak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 56 siswa SMP N 1 Pandak dan SMP N 3 Pandak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, dan (2) pedoman observasi pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model permainan untuk pembelajaran teknik dasar bola basket di sekolah menengah pertama yang berisikan sembilan permainan, yaitu: (1) Lempar Nama, (2) Lempar Target, (3) Lempar Gerak, (4) Fun Dribbling, (5) Target Dribbling, (6) Kejar Mengejar, (7) Tembak Tongkat, (8) Rintang Tali, dan (9) Happy Game. Dari hasil penilaian para ahli dan guru, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan yang disusun sangat sesuai dengan karakteristik serta pertumbuhan dan perkembangan teknik dasar pada anak sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: permainan, teknik dasar, bola basket
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 26 Dec 2022 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23402

Actions (login required)

View Item View Item