PENGARUH MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SMA NEGERI DI WONOSOBO

Novia, Nurhidayati (2012) PENGARUH MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SMA NEGERI DI WONOSOBO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NOVIA NURHIDAYATI.pdf

Download (72MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh moving class terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA Negeri kelas XI IPS di Wonosobo; 2) Pengaruh moving class terhadap prestasi belajar geografi siswa SMA Negeri kelas XI IPS di Wonosobo; 3) Model pembelajaran yang lebih efektif bagi peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa SMA Negeri kelas XI IPS khususnya pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Wonosobo dan SMA N 2 Wonosobo pada bulan Januari 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Wonosobo dan SMA N 2 Wonosobo yang memiliki karakteristik yang sama. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan memilih kemampuan siswa yang relatif homogen dari kedua sekolah dengan jumlah yang setara. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh moving class terhadap motivasi belajar adalah angket atau kuesioner, sedangkan untuk mengukur hasil prestasi belajar geografi digunakan tes dengan materi pelajaran geografi yang dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dosen pembimbing dan guru mata pelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dan uji-t pada α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara moving class terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,599 pada taraf signigikansi 0,000 (p < 0,05); 2) terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan antara moving class terhadap hasil prestasi belajar geografi siswa dengan nilai t sebesar 4,164; 3) Hasil analisis menunjukkan penggunaan moving class lebih baik dibandingkan dengan kelas menetap dengan nilai mean sebesar 81,6098. Kata Kunci : Moving Class, motivasi belajar geografi, prestasi belajar geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:38
Last Modified: 30 Jan 2019 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23390

Actions (login required)

View Item View Item