PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 2 BANTUL

Tri, Widayati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Meningkatkan keaktifan siswa, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Cara mengatasi hambatan yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus ditempuh dengan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari – Maret. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi dan siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Bantul. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data mempergunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data, verifikasi dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 11,25% masuk dalam kategori baik. (2) Hasil belajar geografi siswa pada siklus I sebesar 22 siswa atau 62,86% memperoleh nilai >75, dan pada siklus II meningkat sebanyak 27 siswa atau 77,14% yang memperoleh nilai >75. (3) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif GI terdapat hambatan kurang kesiapan siswa dalam belajar, cara mengatasinya dengan memberikan pedoman langkah pembelajaran sehari sebelum pelaksanaan, sehingga tidak menghalangi terlaksananya pembelajaran geografi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Keterbatasan buku penunjang KBM yaitu buku panduan atau buku paket, cara mengatasinya guru memberikan soal-soal geografi dan guru menganjurkan siswa untuk membeli buku panduan sendiri yang pembeliannya dikelola sekolah dan harga buku tersebut diturunkan serta pemanfaatan fasilitas internet di sekolah lebih dioptimalkan. Keterbatasan waktu, cara mengatasi penyampaian materi dengan singkat, padat dan jelas. Keterbatasan ruang kelas yang sempit menyulitkan posisi tempat duduk antar kelompok yang terlalu dekat, mengatasinya guru mengatur posisi duduk yang urut sesuai nomor kelompok dari bangku paling depan sebelah kanan untuk kelompok I dan seterusnya kelompok VI dibangku paling belakang dengan model zig zag.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23374

Actions (login required)

View Item View Item