KEEFEKTIFAN STRATEGI PURPOSE, OVERVIEW, INTERPRET, NOTE, TEST DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP

Hayati, Indah Noor (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PURPOSE, OVERVIEW, INTERPRET, NOTE, TEST DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Indah Noor Hayati_11201241047.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi antara siswa yang menggunakan strategi POINT dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mendeskripsikan keefektifan strategi POINT dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh kelas VII E untuk kelompok eksperimen dan kelas VII F untuk kelompok kontrol yang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda, yang diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks eksplanasi antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi POINT dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t sampel bebas postes, diketahui nilai t=3,490, df=66, dan nilai p=0,001. Data tersebut menunjukkan p < 0,05, artinya signifikan. (2) Pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi menggunakan strategi POINT lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t berhubungan pada kelompok eksperimen, diketahui t=3,258, dengan df=33 dan nilai p=0,00. Data tersebut menunjukkan nilai p lebih kecil dari 0,05, artinya signifikan. Selain itu, diketahui skor rerata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 2,23, sedangkan kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar 0,8.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 30 Jan 2019 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item