PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH UNTUK MEMBACA PEMAHAMAN KELAS XI DENGAN STRATEGI K-W-L

Prasetya, Wahyu Jati (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH UNTUK MEMBACA PEMAHAMAN KELAS XI DENGAN STRATEGI K-W-L. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Wahyu Jati Prasetya - 08201241008 - PBSI - UNY.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran awal siswa dalam penggunaan media pembelajaran flash untuk membaca pemahaman d i kelas XI, menghasilkan media pembelajaran flash untuk membaca pemahaman di kelas XI dengan strategi K-W-L, dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan “layak” berdasarkan validasi ahli dan uji coba produk secara terbatas. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran berdasarkan model pengembangan Borg & Gall. Analisis kebutuhan lapangan dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan pedoman wawancara dan angket. Validasi ahli dan uji coba produk dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk yang dilakukan secara terbatas yang terdiri dari: uji guru dengan 4 subjek uji coba dan uji siswa dengan 31 subjek uji coba. Subjek uji guru adalah tiga guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 1 Sewon, Bantul dan satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Subjek uji siswa adalah 31 siswa yang berada di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Sewon. Ha s i l penelitian meliputi hasil analisis kebutuhan lapangan, hasil validasi ahli dan uji coba, dan hasil analisis kelayakan. (1) Hasil analisis kebutuhan lapangan menunjukkan bahwa minat siswa dalam kegiatan pembelajaran membaca pemahaman dikategorikan “cukup”. Siswa mengharapkan media pembelajaran dengan kriteria: media pembelajaran berbasis teknologi, interaktif, menyajikan soal latihan, memiliki ilustrasi menarik, memberikan contoh materi belajar, menggunakan strategi pembelajaran, dan menunjang kegiatan pembelajaran siswa sehingga meningkatkan minat belajar siswa. (2) Hasi l validasi dan uji coba produk memperoleh skor pada aspek kualitas materi pembelajaran sebesar 3,92, aspek isi (3,73), aspek tampilan (3,14), aspek pemrograman (3,33), aspek materi dan soal (4,00), aspek kebahasaan (3,92), aspek keterlaksanaan (3,84), aspek audio-visual (3,74), aspek rekayasa perangkat lunak (3,82), dan aspek ketertarikan terhadap Bahasa Indonesia (3,48). (3) Hasil analisis kelayakan produk menunjukkan media pembelajaran yang dihasilkan pada aspek kualitas materi pembelajaran dinyatakan “layak”, aspek isi (l a y a k), aspek tampilan (cukup layak), aspek pemrograman (layak), aspek materi dan soal (layak), aspek kebahasaan (layak), aspek keterlaksanaan (layak), aspek audio-visual (layak), aspek rekayasa perangkat lunak (l a y a k), dan aspek ketertarikan terhadap Bahasa Indonesia (layak).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 30 Jan 2019 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23367

Actions (login required)

View Item View Item