Ambarsari, Luthfiana (2015) KENYAMANAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PAKUALAMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kadar kenyamanan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan April tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Pakualaman tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 111 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian sekolah dirasakan kondisi kelasnya untuk belajar nyaman oleh 41% siswa, tetapi di sisi lain, 36% siswa merasakan kondisi kelas tidak nyaman untuk belajar. Faktor yang membuat siswa tidak nyaman belajar di kelas diantaranya keamanan bangunan ruang kelas yaitu kondisi lantai, dinding dan langit-langit kelas, ketersediaan dan kondisi kursi, meja di kelas, kurangnya tumbuhan di sekitar ruang kelas, dan kebisingan di luar kelas. Kata kunci : kondisi lingkungan kelas, kenyamanan belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 12:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |