KEEFEKTIFAN STRATEGI CLOZE STORYMAPPING (CSM) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN PADA SISWAKELAS VIII SMPNEGERI 1 KASIHAN BANTUL

Apriati, Nurina (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI CLOZE STORYMAPPING (CSM) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN PADA SISWAKELAS VIII SMPNEGERI 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Univesitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi CSM dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi CSM pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. (2) Keefektifan strategi CSM dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest dengan kelompok kontrol (Control Group Pretest/Posttest Design). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa strategi pembelajaran dan variabel terikat berupa kemampuan membaca pemahaman teks ulasan kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut kelas VIIIB ditentukan sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi CSM dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi CSM. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji-t posttest kelompok kontrol dan eksperimen yang menunjukkan thitung sebesar 4.514 dengan df sebesar 62 dan nilai p sebesar 0.000. Hasil tersebut menunjukkan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 (0.000<0.05). 2) Strategi CSM efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan. Hal tersebut dapat dilihat dari kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen>kelompok kontrol (8.82>5.72), serta berdasarkan uji-t pretest-postest kelompok eksperimen didapatkan thitung sebesar 42.83 dengan df 63 dan nilai p sebesar 0.000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai p<taraf signifikansi (0.000<0.05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 30 Jan 2019 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23343

Actions (login required)

View Item View Item