KEEFEKTIFAN MEDIA WALL CHART PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA

Ardina, Violita Wahyu (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA WALL CHART PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (1).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok yang mengikuti pembelajaran menggunakan media wall chart dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media wall chart. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan media wall chart untuk pembelajaran menulis cerpen di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi, desain pretest dan posttest. Variabel pada penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa media wall chart dan variabel terikat berupa keterampilan menulis cerpen. Populasi pada penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X1 dan X2. Sampel tersebut ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis cerpen. Validitas instrumen menggunakan validitas isi (expert judgement). Teknik analisis data menggunakan uji-t, kemudian dilanjutkan dengan uji gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis cerpen pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media wall chart dan pada kelompok kontrol tanpa menggunakan media wall chart. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan bantuan komputer SPSS 16.0. Hasil uji-t skor posttest kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan t hitung 5.485 dengan db 58, dan p 0,000. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media wall chart efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen, dibuktikan dengan uji-t dan pengujian gain score. Penghitungan uji-t pada pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh thitung (th) 6.578 dengan db 29 dan diperoleh nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000< 0,05). Hasil perhitungan uji gain score kelompok eksperimen sebesar 0,2901 lebih besar dibandingkan dengan gain score kelompok kontrol 0,0936.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23316

Actions (login required)

View Item View Item