KEEFEKTIFAN STRATEGI LISTEN-READ-DISCUSS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP

Fitriana, Hasifah Nur (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI LISTEN-READ-DISCUSS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hasifah Nur Fitriana_11201241017.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi LRD dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMP, (2) mendeskripsikan keefektifan penggunaan strategi LRD dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Imogiri yang terdiri atas 7 kelas.. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling yang diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan pretes dan postes berupa tes objektif kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi yang disusun berdasarkan Taksonomi Barret. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang dihitung dengan progam Iteman. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis uji-t independen data postes kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig.<0,05). Hasil analisi uji-t berhubungan pretes postes kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig.<0,05). Adapun kenaikan skor kelompok eksperimen sebesar 2,187 dan kelompok kontrol sebesar 0,906. Berdasarkan hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi LRD dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMP, (2) strategi LRD efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23315

Actions (login required)

View Item View Item