KEEFEKTIFAN METODE TANDUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SLEMAN

Anggayasti, Yurista (2013) KEEFEKTIFAN METODE TANDUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, u.

[img]
Preview
Text
Yurista Anggayasti 09201241004.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode TANDUR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode TANDUR pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode TANDUR dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan desain Control Group Pretest-Posttest. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan metode TANDUR dan keterampilan menulis puisi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sleman. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B dan VII C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,754 yang lebih besar dari koefisien 0,6 artinya koefisiensi reliabilitas pada taraf cukup. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor posttest menulis puisi siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Melalui hasil uji-t yang dilakukan pada skor pretest-posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, hasil perbandingan keterampilan menulis puisi kelompok eksperimen ditunjukkan oleh nilai th sebesar 3,889 dengan df 31 dan P sebesar 0,000 (0,000 < 0,05= signifikan), sedangkan kelompok kontrol diperoleh nilai th sebesar 3,232 dengan df 31 dan P sebesar 0,003 (0,003 < 0,05= signifikan). Dari hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh th sebesar 2,447 dengan df 62 dan P sebesar 0,000 (0,000 < 0,05= signifikan). Rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 24,28 sedangkan posttest kelompok kontrol sebesar 23,62 dengan selisih rata-rata keduanya sebesar 0,66. Berdasarkan hasil tersebut, maka penggunaan metode TANDUR lebih efektif dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sleman dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode TANDUR.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, metode TANDUR, pembelajaran menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 05:57
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23314

Actions (login required)

View Item View Item