KEEFEKTIFAN STRATEGI ERRQ (ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI BATURRADEN

Iswara, Windansari (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI ERRQ (ESTIMATE, READ, RESPOND, AND QUESTION) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI BATURRADEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Windansari Iswara 08201241025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi ERRQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi ERRQ pada siswa kelas XI SMA Negeri Baturraden; (2) menguji keefektifan strategi ERRQ dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas XI SMA Negeri Baturraden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1-5 dan XI IPS 1-3 SMA Negeri Baturraden. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut ditetapkan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas butir. Validitas dan relibilitas butir soal tes dihitung dengan bantuan komputer program Iteman. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis uji normalitas dengan teknik Komolgorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan teknik one way anova menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Simpulan penelitian ini dapat dilihat dari data posttest kedua kelompok yang diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel (2,785 > 2,000) dengan db = 60 dan nilai p sebesar 0,007 pada taraf signifikansi 5% dan hasil penghitungan skor t hitung pada uji-t berhubungan antara skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yang lebih besar daripada skor t tabel (th = 6,498 > tt = 2,042) dengan db = 30 dan nilai p sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri Baturraden yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi ERRQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi ERRQ; (2) pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi ERRQ bagi siswa kelas XI SMA Negeri Baturraden lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi ERRQ.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ERRQ, membaca pemahaman, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 05:54
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23313

Actions (login required)

View Item View Item